cara lain menghabiskan uang korupsi

Dakwah Jateng - Laman Word Economic Forum (WEF) memuat sebuah artikel yang berjudul “We waste $2 trillion a year on corruption. Here are four better ways to spend that money” berandai-andai bila uang sebesar itu tak dikorupsi. Pertama, uang $116 miliar bisa digunakan untuk mengentaskan kelaparan. Pada 2015 PBB memperkirakan dengan uang sebesar itu bisa menghapuskan kelaparan sedikitnya untuk satu dekade. Saat ini, ada 800 juta orang di seluruh dunia kekurangan makanan.

Kedua, $8,5 miliar bisa dibelanjakan untuk program memberantas penyakit malaria. Dua tahun lalu, tercatat ada 212 juta orang terkena malaria, sebanyak 429 ribu meninggal dunia. Gepokan uang harusnya selamat dari korupsinya semestinya bisa bermanfaat bagi 34 negara yang sedang memberantas malaria selama 15 tahun ke depan--estimasi biaya $600 juta per tahun hingga 2022.

Ketiga, menurut PBB ada 100 juta anak-anak di seluruh dunia tak bisa mengakses pendidikan dasar. Dalam sebuah riset 2014 lalu, disebutkan hanya butuh $26 miliar per tahun untuk 46 negara miskin dan berkembang agar bisa memberikan akses pendidikan dasar bagi anak-anak mereka. 

Yang terakhir, dan tak kalah penting soal biaya yang bisa digunakan untuk infrastruktur secara global. Uang $1 triliun bisa digunakan untuk pemerataan pembangunan di dunia seperti jalan, jembatan, hingga jaringan listrik. Namun, korupsi telah mengubah segalanya, korupsi sebuah borok yang membikin sakit pembangunan di banyak negara--di Indonesia tak terkecuali.


diolah dari tirto.id

Post a Comment

Powered by Blogger.