Dakwah Jateng-, Semarang, Ahad (26/08/18) Para Ulama dari penjuru Jawa Tengah berkumpul dalam acara ijtima ulama Jawa Tengah. 

Acara yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Ulama Aswaja Jawa Tengah ini mengambil tema “Mengokohkan Ukhuwah Meraih Kemerdekaan Hakiki” 

Dengan pakaian putih para Ulama mulai berdatangan ke tempat acara pukul 08.15 WIB. Acara dimulai dengan kalimat iftitah oleh  Ust Haidar dari pengasuh majelis Taqarrub Ilallah Semarang.
Beliau menyampaikan bahwa islam diturunkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah memberi misi yakni penghambaan hanya kepada Allah SWT. Ini lah kemerdekaan yang hakiki. 

Sehingga dalam pandangan islam  kemerdekaan hakiki adalah ketika manusia terbebas dari segala penghambaan dan perbudakan dengan kata lain islam menghendaki manusia terbebas dari penjajahan, exploitasi, perbudakan, kedzaliman dan lain sebagainya menuju penghambaan hanya kepada Allah SWT. Agar islam membawa manusia dari pelaksanaan aturan yang dibuat oleh manusia sendiri kepada aturan yang berasal dari Allah SWT.

Kemudian dilanjutkan dengan kalimat minal ulama dari beberapa ulama dan tokoh diantaranya
KH. M Ainul Yaqin dari ketua Forum Komunikasi Ulama Aswaja Jawa Tengah dan juga pengasuh Ma'had Al ukhuwah Al islamiyyah Semarang,KH. Rofi'i pengasuh pondok pesantren Annajiyah Sumowono , KH. Kamal dari purbalingga.



KH. M Ainul Yaqin menyampaikan bahwa ukhuwah yang dilandasi aqidah merupakan kewajiban yang bersifat Syar'i. selain sebagai kewajiban ukhuwah islam ini juga termasuk darurat karena kaum muslim saat terpecah belah jadi 50 negara lebih sementara keadaan kaum kafir justru bersatu. dalam menghadapi kaum muslim. 

Disinilah keharusan kaum muslim untuk bersatu. Tetapi sangat sulit untuk menyatukan kaum muslim karena adanya kendala. Salah satu kendala adalah lenyapnya khilafah Islam. sehingga kaum muslim tidak bersatu sekarang karena tidak ada payungnya, tidak ada sistem yang menyatukan karena keruntuhan khilafah pada tahun 1924. Akibatnya kaum muslim sekarang bercerai berai.

Karena itu seluruh ulama menyatakan akan wajibnya khilafah sebagai pemersatu kaum muslim.

Setelah pembacaan kalimat minal ulama dilanjutkan dengan dibacakan pernyataan sikap Forum Komunikasi Ulama Aswaja Jawa Tengah yang diwakili oleh KH. Nasruddin sebagai pengasuh Ma'had almabda' al islami yang menyatakan bahwa para ulama Aswaja Jawa Tengah mendukung perjuangan penegakan Khilafah Islamiyyah[]AA


Post a Comment

advertisement

loading...
Powered by Blogger.