Dakwah Jateng-, Brebes, Senin (10/9). Menyambut tahun baru Hijriyah, kaum Muslimin di Brebes menyambutnya dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Majelis Taqarrub Ilallah (MTI) Brebes yang diselenggarakan di salah satu masjid Pantura dengan tema "Hijriyah, Momentum Hijrah dari Sistem Jahiliyah Menuju Sistem Islam". Acara tersebut dihadiri oleh tokoh, ulama dan masyarakat umum.

Acara pertama, sambutan oleh tokoh ulama setempat, Ustadz Nidzomuddin. Beliau menyampaikan bahwa masjid adalah tempat yang sangat penting bagi umat Islam. "Nabi selama 13 tahun dakwah tauhid di Mekah mengalami kondisi yang seret, kemudian Allah mengintruksikan agar Nabi hijrah ke Madinah. Dalam hijrah Nabi yang terpenting adalah masjid. Masjid tak terpisahkan dari aktivitas politik. Masjid tidak hanya untuk shalat, masjid tempat umat Islam berjuang. Politik tidak terpisahkan dari Islam" ungkap beliau.



Inti acara Tabligh Akbar diisi oleh Ustadz Budiman, mubaligh Pantura. Beliau menegaskan bahwa selama periode dakwah di Mekah selama 13 tahun merupakan fase mengentaskan manusia dari kejahiliyahan. Selama 10 tahun dakwah di Madinah merupakan fase memantapkan dakwah dan menyebarkan ke penjuru Jazirah Arab.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam dakwahnya mengemban ideologi Islam, Rasulullah mengalami berbagai macam rintangan mulai dari dihalang-halangi sampai diboikot. Begitu pula seperti saat ini, ada ormas Islam seperti HTI  dan para ulama dipersekusi karena mendakwahkan Syariah dan Khilafah yang mereka yakini sebagai ajaran Islam.
Di akhir penyampaiannya, Beliau menegaskan jika dulu hijrah dari Mekah ke Madinah, maka sekarang hijrah dari keburukan atau kejahiliyahan abad 21 ke kebaikan penerapan syariat Islam. Mengubah sistem Jahiliyah menuju sistem Islam.

Ada pemandangan berbeda dalam acara tersebut. Bendera tauhid berukuran besar menjadi latar acara tersebut. Bendera tauhid yang selama ini dipersekusi karena identik dengan HTI ternyata semakin dicintai umat. [MI/AM]

Post a Comment

advertisement

loading...
Powered by Blogger.