Image result for kitabullah


Pernyataan mengejutkan datang dari Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Pasalnya, beliau mengatakan bahwa, “Saya mengimbau kepada orang Islam, mulai bergeser dari kitab suci ke konstitusi kalau dalam berbangsa dan bernegara. Sama, semua agama. Jadi kalau bahasa hari ini, konstitusi di atas kitab suci. Itu fakta sosial politik,” kata Yudian saat ditemui Tempo di Kantor BPIP, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.

Hal tersebut langsung mendapatkan tanggapan dari Prof Suteki Pakar Filsafat Pancasila, beliau menegaskan dalam tulisan yang terunggah dalam laman tintasiyasi.com, " jadi, berdasarkan teori pembentukan hukum sebagai mana dikatakan oleh Thomas Aquinas, saya tetap berprinsip bahwa: "kitab suci di atas konstitusi".

Begitu pula Ustadz Yuana Ryan Tresna Mudir Ma'had Khadimus Sunnah Bandung mengatakan dalam akun Twitter @yuanaryantresna bahwa, "Kalau saya pilih Kitab Suci Al Quran di atas segalanya."

Memang cukup menyakitkan hati umat, pernyataan tentang "menggeser kitab suci di bawah konstitusi", secara negeri ini adalah negeri yang BerKetuhanan Yang Maha Esa. Seharusnya ketaatan seorang pemeluk agama dilindungi dan dijaga, apalagi ketaatan dan ketundukannya pada kitab sucinya.

Sebagaimana, umat Islam diajarkan untuk masuk Islam secara totalitas dan sempurna. Seharusnya pemerintah mendukung dan melindungi umat Islam agar bisa taat sempurna pada agamanya. 

Dalam Islam, Al Quran adalah pedoman hidup dan harus dijadikan landasan setiap mengambil keputusan dan melakukan perbuatan. Oleh karena itu, wajib sebagai Muslim menjadikan "Kitabullah Di Atas Segalanya". Begitulah Islam mengajarkan umatnya. 

Nasihat yang bagus dari Ustadz Suhairi Ilyaz dapat kita jadikan renungan yaitu, "Dalam Surah Al Baqarah ayat 2 Allah menegaskan, 'Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa'. Jadi, tidaklah masuk akal apabila manusia tidak berpedoman kepada Alquran. Sebab, hanya Allah yang mengetahui segalanya tentang manusia dan bumi yang diciptakan-Nya," ujar Ustaz Suhairi Ilyas dalam khotbahnya di Masjid Al Azhar, Jakarta, Kamis(23/6). (mediaindonesia.com)

Lumrah, sebagai negara yang BerKetuhanan Yang Maha Esa, seyogyanya tidak mempertentangkan hal ini, dan menjamin bahwa umat Islam bisa tunduk dengan sempurna pada ajaran di dalam Al Quran. Wallahu'alam.[]


Oleh Ika Mawarningtyas
Analis Muslimah Voice

Post a Comment

Powered by Blogger.