Film Dokumenter JKDN Ungkap Detail Hubungan Nusantara dengan Khilafah

Script Writer film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) Septian AW menyatakan sebelum JKDN, selama ini belum pernah ada yang menggambarkan secara detail bagaimana hubungan Kekhilafahan Islam yang pernah menjadi adidaya dunia dengan umat Islam di Nusantara yang nantinya menjadi bagian dari perlawanan penjajahan di Nusantara.

“Saya ingin menghadirkan riwayat Khilafah ini di tengah-tengah masyarakat, melalui film dokumenter hubungan Khilafah dengan Nusantara (JKDN),” ujarnya dalam ulasannya sesaat sebelum JKDN ditayangkan langsung secara daring, Kamis (20/8/2020).

Film ini juga hadir untuk menjawab tantangan bahwa dewasa ini Khilafah kembali diperbincangkan di Indonesia maupun dunia, semua isi dalam film ini bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

“Meski saat ini ada sentimen karena ada kata Khilafahnya, ada persoalan politik, tapi paling tidak saya ingin memastikan bahwa ini adalah tontonan yang akademis dan ilmiah meski dengan narasi ringan, dan audio visual, dan ini bisa dipertanggung jawabkan secara akademis, kalau dikatakan ini adalah propaganda itu tidak relevan,” pungkas Septian.[]

Post a Comment

Powered by Blogger.