Masa Pandemi belum berakhir, setiap hari jumlah yang positif Covid-19 semakin bertambah. Beberapa cara pun dilakukan oleh pemerintah maupun individu masyarakat untuk mencari obat untuk menghentikan penyebaran virus covid -19 ini.


Baru-baru ini, Nama Hadi Pranoto menjadi perbincangan setelah ia diwawancarai musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji. Dalam video itu, Hadi Pranoto memperkenalkan diri sebagai profesor sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19. Ia menyebutkan bahwa cairan antibodi Covid-19 yang ditemukannya bisa menyembuhkan ribuan pasien Covid-19. (kompas.com 5/8/2020)

Jika kita lihat dari sisi positifnya, Hadi Pranoto merupakan salah satu dari banyaknya orang yang ingin memberikan solusi untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 ini, baik berupa obat herbal, dan lainnya. Namun, hal ini dianggap biasa saja oleh masyarakat. Karena, masyarakat sudah terlanjur tidak sepenuhnya percaya, ditambah penanganan yang tak kunjung memberikan solusi dari pemerintah saat ini.

Dalam situasi virus covid-19 yang semakin meningkat solusi pun diberikan tidak tepat, mulai dari kebijakan new normal . Namun, tidak lama new normal diterapkan di beberapa wilayah, jumlah yang terinfeksi virus covid-19 semakin meningkat. Kemudian diterapkannya protokol kesehatan untuk rakyat mematuhinya. Namun, rakyat pun tampaknya mulai lalai untuk menjalankannya karena lelah dengan kondisi saat ini.

Keterpaksaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, rakyat rela keluar walaupun dalam kondisi virus covid-19 yang semakin menyebar. Ditambah solusi yang diberikan tidak tepat dan bersifat maju mundur demi kepentingan penguasa saat ini. Dan tampaknya, rakyat selalu menjadi korban.

Rakyat pun semakin tak percaya terhadap solusi yang diberikan saat ini. Bahkan, rakyat biasa saja jika ada solusi yang diberikan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 ini. Karena rakyat sudah sering diberikan janji namun tidak ditepati. Rakyat mau menerima kebijakan solutif. Namun, solusi tidak kunjung menyelesaikan persoalan yang ada di dalam kehidupan ini.

Jika kita lihat kembali sebagaimana yang difirmankan Allah SWT.

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)". (TQS Ar-Rum Ayat 41)

Semua persoalan di negeri ini terus terjadi, tidak memberikan solusi. Namun, masalah semakin banyak yang terjadi.

Jika kita renungi, mengapa masalah ini terus terjadi? Adakah  solusi yang dapat menyelesaikan semua permasalahan yang ada didalam kehidupan ini?.

Tentu saja ada, keimanan membawa kita untuk sampai kepada keyakinan kepada Sang Pencipta Alam Semesta yaitu Allah SWT. Yang mengetahui keterbatasan makhluknya, yang memiliki kekuasaan dan mengatur makhluknya agar sesuai dengan perintah dan larangannya. Namun, jika makhluknya tak taat akan perintah-Nya, melanggar semua aturan- Nya. Dan tidak menerapkan aturan yang sudah ditetapkan Allah SWT. Permasalahan akan terus terjadi dan kita tidak dapat merasakan Islam rahmatan lil alamin.

Islam memberikan solusi tuntas bagi kehidupan ini. Wabah yang terjadi akan cepat diatasi dengan aturan Islam, mulai dari langkah cepat untuk lockdown, dan cepat dipisahkannya orang yang sakit dengan yang sehat agar yang sehat dapat beraktifitas seperti biasa dan yang sakit pun dijamin pengobatannya oleh negara. Dan dapat segera berakhirnya wabah yang terjadi didalam kehidupan ini. Dan ini semua hanya dapat terselesaikan jika Islam diterapkan di dalam kehidupan ini. Yaitu Islam kaffah dalam naungan khilafah. Wallahu'alam bishawab.[]

Oleh: Putia Zulnia

Post a Comment

Powered by Blogger.