Terkait penusukan Syekh Ali Jaber, Pengamat Sosial Politik Iwan Januar mewanti-wanti agar umat Islam tetap waspada, menjaga ulama dan tidak mudah terpancing situasi. "Kita tidak tahu siapa yang menciptakan suasana seperti ini. Umat harus tetap waspada, menjaga ulama dan tidak mudah terpancing," tuturnya, Senin (14/9/2020).

Dengan berulangnya serangan terhadap ulama, ia menduga ada skenario membangun suasana tidak nyaman di tengah umat, bahkan menciptakan ancaman pada tokoh-tokoh Islam.  "Kita tahu hubungan antar penguasa dengan kelompok Islam yang vokal tidak harmonis," tambahnya.

Framing Orang Gila

Ia menyayangkan jika ada yang terburu-buru menyatakan bahwa pelaku penyerang ulama adalah orang gila. Menurutnya, ini jelas framing (pembingkaian) terkait kapan suatu peristiwa disebut aksi teror dan kapan sesuatu disebut serangan biasa.

"Seringkali sumber berita itu kan narasi tunggal, hanya pihak kepolisian. Jurnalis juga seperti malas melakukan investigasi, ataukah memang ada sesuatu, ini sumir dan terus menciptakan kecurigaan di tengah umat," pungkasnya.[]

Post a Comment

Powered by Blogger.